Minggu, 01 April 2012

RESUME KELOMPOK 3

PERILAKU PRODUSEN
Produsen ialah orang yang menciptakan atau menghasilkan barang dan jasa untuk dijual atau dipasarkan demi tujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Orang yang memakai atau memanfaatkan barang dan jasa hasil produksi untuk memenuhi kebetuhan adalah konsumen. Sebuah usaha produksi baru bisa bekerja dengan baik bila dijalankan oleh produsen atau yang sering kita sebut pengusaha. Pengusaha adalah orang yang mencari peluang yang menguntungkan dan mengambil risiko seperlunya untuk merencanakan dan mengelola suatu bisnis juga Pengusaha berusaha mendirikan perusahaan yang menguntungkan, mencari dan mengelola sumber daya untuk memulai suatu bisnis.
keberhasilan seorang pengusaha ditentukan oleh 4 hal sebagi berikut:
• Perencanaan. Perencanaan antara lain terkait dengan penyusunan strategi, rencana bisnis, serta visi perusahaan. Ia harus tau apa yang ingin ia capai dan bagaimana cara mencapai tujuan tersebut.
• Pengorganisasian. Semua sumber daya yang ada harus bisa ia kelola untuk mencapai tujuan perusahaannya, baik sumber daya, modal, maupun manusia.
• Pengarahan. Agar rencana bisa terwujud, pengusaha wajib mengarahkan dan membimbing anak buahnya.
• Pengendalian. Kemampuan ini ada hubungannya dengan bagaimana hasil pelaksanaan kerja tersebut. Apakah sesuai dengan rencana atau justru sebaliknya.
Lalu bila saya bandingkan dengan para produsen di Indonesia sangat berbanding terbalik, karena para produsen diindonesia hanya bisa mengikuti satu sama lain. Para pedaganga atau pengusaha diindonesia hanya bisa menjadi pengikut dari yang lain dengan meniru dagangan penjual lain yang terlihat laris manis di masyarakat, lalu ikut-ikutan menjual barang yang sama dengan maksud mendapat untung besar sama seperti penjual yang dia tiru. Dengan demikian akan menjadi banyak pedangang yang memeperjualkan dagangan seperti itu yang akan berakibat konsumen yang bisa bosen dan beralih kebarang yang lain. Mestinya yang harus dilakukan pedagang diindonesia yaitu menjadi konsisten dengan dagangannya dan berkreatifitas untuk menarik konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers