Senin, 30 April 2012

Mengatasi Bekas Luka Cacar Air

Hari ini gue mau ngebahas soal Cacar Air. Cacar Air adalah penyakit umum yang sering terjadi di Indonesia, penyakit ini nih sering banget dialami oleh anak-anak, terutama usia 2-8 tahun, tetapi juga banyak orang yang telah dewasa yang baru terkena penyakit ini loh kawan-kawan tergantung siklusnya kali yaa. Cacar air juga dapat menyebabkan jaringan parut yang sangat mengganggu bagian tubuh terutama wajah. Bila terkena cacar air kronis,bekas cacar air akan sulit untuk dihapus dan dapat menciptakan rasa kurang percaya diri pada mereka yang menderita..uhmm kasian :( . Tapi jangan kuatir yaa, Berikut adalah beberapa tips untuk pengobatan cacar air dan juga ramuan tradisional untuk mengatasi dan menghilangkan bekas cacar air.
Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika menderita cacar air adalah:
  1. Agar tidak meninggalkan bekas, cobalah untuk menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan infeksi dari luka cacar dan hindari mengelupas luka cacar air dengan sengaja. Cobalah untuk tetap menjaga kebersihan tubuh dengan mandi memakai sabun antiseptik dan memotong kuku untuk menghindari menggaruk ruam di kulit, sehingga tidak ada infeksi baru terjadi.
  2. Mandi dengan air hangat dicampur dengan obat gatal setiap hari. Setelah mandi, bila dikeringkan dengan handuk, hanya ditempel-tempelkan saja dan jangan digosok. Untuk menghindari lecet dan luka cacar terkelupas.
  3. Menaburkan bedak gatal pada tubuh yang menderita cacar air untuk mengurangi gatal dan cacar air lebih cepat kering. Biarkan luka kering terkelupas sendiri.
  4. Jika bekas luka cacar air kehitaman, itu akan hilang dengan sendirinya, meskipun butuh waktu begitu lama.
Untuk menangani bekas hitam pada tubuh yang timbul karena cacar, kalian bisa mencoba tips dan cara alami berikut:
1.     Hancurkan beberapa potong cendana hingga halus, campur dengan sedikit air dan aduk sampai coklat kemudian oleskan pada bekas luka.
2.    Pelepah pohon aren yang kering di haluskan kemudian gosok pada kulit bekas luka.
3.     Buah bengkoang dihaluskan sampai halus dan diberi sedikit air dan ditempelkan di wajah seperti masker. Jangan menggunakan masker yang dijual di toko-toko. Gunakan buah bengkoang segar yang dibeli di pasar.
4.  Menggunakan kulit pisang. Kulit pisang dioleskan pada luka cacar. Usapkanlah kulit pisang secara teratur sampai cacar air menghilang. Metode ini harus digunakan ketika baru terkena cacar.
5.  Jagung muda juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka karena cacar air pada tubuh.Parutlah jagung muda, lalu gosokkan pada wajah atau tubuh pada bintik-bintik merah.Lakukan secara teratur.
6.  Ambil kacang hijau, rendam dalam air sampai kacang membesar, kemudian haluskan dan hasilnyaioleskan pada bekas luka cacar.
Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan saat terkena cacar air dan tips menghilangkan bekas cacar air. Selamat mencoba..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers