Senin, 23 April 2012

TIPS MENJAGA KEINDAHAN RAMBUT KETIKA BERENANG


Sekarang ini udah banyak banget wanita yang sadar akan pentingnya olahraga. Dan kebanyakan jenis olahraga yang dipiih kaum wanita tuh berenang. Berenang memang menyenangkan bagi setiap orang (terkecuali gue mungkin). Dan dibalik kata menyenangkannya itu berenang juga kadang juga menyimpan bahaya untuk kesehatan kulit kepala dan rambut sebab ada efek tersendiri yang ditimbulkan dari air kolam renang. Kandungan klorin pada kolam renang itu bisa mengurangi minyak alami yang terdapat pada rambut yang bisa menyebabkan kerusakan pada kultikula rambut.
Nah sekarang gue punya sedikit tips untuk mengatasinya:
·         Lindungi rambut dengan memakai topi renang
Nah seperti yang udh gue sebutin tadi tentang bahaya kandungan klorin bagi rambut. Kalau kalian tidak ingin rambut rusak dan kering lebih baik gunakan topi renang untuk menjaga dan meminimalisir kontak rambut dengan kandungan kimia yang ada di air kolam renang.
·         Gunakan pelembap untuk rambut
Tapi kalo kalian tidak ingin menggunakan topi renang, cara menjaga rambutanya yaitu oleskan pelempab rambut karena pelempab yang menyelimuti rambut kita bisa membantu menghalangi kontak langsung rambut dengan zat kimia yang ada di kolam renang.
·         Basahi dan bilas rambut
Lebih baik untuk membasahi rambut sebelum masuk ke kolam renang. Karena rambut yang kering akan lebih mudah menyerap bahan kimia saat masuk ke dalam air. Rambut yang basah bisa membantu mengurangi penyerapan klorin atau zat kimia lainnya. Begitu selesai berenang langsung bilas rambut dengan air bersih. Jangan tunda kegiatan ini agar rambut tidak terkontaminasi bahan kimia lebih lama yang bisa merusak rambut.
·         Bersihkan rambut
Setelah selasai berenang sesegera mungkinlah untuk membilas rambut. Gunakan shampo dan pelembap untuk mencegah rambut dari kekeringan. Bagi yang sering berenang gunakan shampo khusus untuk perenang yang mengandung serum dan bahan pelembap untuk melindungi rambut dari kerusakan.
·         Keringkan alami
Untuk memninimalisir kerusakan lebih baik mengeringkan rambut dengan cara diangin-anginkan saja atau bila tetap ingin menggunakan hair dryer, pilih hair dryer yang menyediakan fitur angin dingin karena bila menggunakan angin panas rambut akan rusak dan kering.
·         Perawatan tambahan
Gunakan kondisioner untuk membuat rambut lembap dan kuat. Untuk Anda yang termasuk sering berenang, gunakan perawatan rambut atau kunjungi salon secara teratur untuk perawatan creambath atau hair spa.

Baiklah itu sedikit tips dari gue..mudah-mudahan bisa berguna bagi kalian..terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers