Minggu, 01 April 2012

RESUME KELOMPOK 4

Struktur Pasar

Berikut adalah kesimpulan yang dapat saya ambil dari presentasi kelompok 4 tentang struktur pasar yaitu:
Pengertian pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa. Di pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi. Transaksi adalah kesepakatan dalam kegiatan jual-beli. Syarat terjadinya transaksi adalah ada barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.
Struktur pasar adalah penggolongan berbagai jenis pasar dilihat dari strukturnya. Dibagi kedalam beberapa bagian yaitu:
Pasar Persaingan Sempurna: Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat sama
Karakteristik pasar persaingan sempurna, antara lain sebagai berikut:
1. Terdapat banyak penjual dan pembeli
2. Barang yang diperjualbelikan sifatnya homogen.
3. Adanya kebebasan dari produsen untuk membuka atau menutup usaha
4. Adanya kemudahan dari pelaku pasar untuk memperoleh informasi mengenai pasar.
5. Tidak adanya hambatan buatan terhadap pergerakan harga (tidak ada campur tangan pemerintah).
Kelebihan pasar persaingan sempurna
a. Konsumen akan memperoleh kepuasan yang maksimal.
b. Produsen akan memperoleh keuntungan yang maksimal karena dapat menjual sebanyak-banyaknya.
c. Untuk memasarkan produknya, produsen tidak memerlukan iklan.

Kelemahan pasar persaingan sempurna
a. Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen dan kurang variatif sehingga konsumen akan cepat merasa bosan.
b. Tidak adanya inovasi dan pengembangan produk yang dilakukan perusahaan karena sebagian besar yang ikut dalam pasar persaingan sempurna adalah perusahaan kecil.

Pasar Persaingan Tidak Sempurna: Pasar atau industri yang terdiri dari produsen-produsen yang mempunyai kekuatan pasar atau mampu mengendalikan harga output di pasar. Pasar Persaingan Tidak Sempurna dibagi menjadi beberapa jeni yaitu:
• Pasar Monopoli
• Pasar Oligopoli
• Pasar Monopolistik
• Pasar Duopoli
• Pasar oligopsoni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers